Inovasi Metode Pembelajaran dalam Sistem E-Learning

Pembelajaran di era milenial tidak bisa dipisahkan dengan penggunaan teknologi sebagai medianya. Sebagai sebuah entitas, teknologi memang identifikasi paling mudah untuk mendefinisikan milenial itu sendiri. Dalam konteks pembelajaran maka berarti bahwa sebuah metode pembelajaran yang masih menjauhkan dari teknologi bisa dikatakan sebagai sebuah pembelajaran yang “kolot” atau tertinggal jaman. 

Ada berbagai macam cara untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran milenial, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem e-learning. E-learning yang merupakan akronim dari elektronik learning dapat dipahami sebagai sebuah sistem pembelajaran yang menggunakan elektronik sebagai medianya. Dimana melalui perangkat elektronik tersebut pendidik dan peserta didik bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi atau terjadi proses timbal balik / input dan output. 

Dalam proses interaksi ini dibutuhkan jembatan (penghubung) antara pendidik dan peserta didik yaitu jaringan internet. Karena dengan internet, proses interaksi dan komunikasi pembelajaran bisa dilakukan secara real time. Pendidik dan peserta didik bisa saling memberi input dan output dalam tempo waktu yang bersamaan. 

Munculnya berbagai inovasi baik software maupun hardware menjadikan pembelajaran menggunakan sistem e-learning bisa dilakukan dengan berbagai macam metode yang sangat powerfull. Pembelajaran tidak harus dilaksanakan secara jarak jauh. Namun dalam ruang yang sama pun bisa menyelenggarakan sistem pembelajaran dengan menggunakan e-learning ini. 

Dengan semakin canggih dan murahnya perangkat teknologi (Gadget, laptop, tablet) maka semakin mudah pula sebuah lembaga pendidikan untuk bisa menyelenggarakan pembelajaran berbasis online.


Berikut ini beberapa metode pembelajaran yang bisa dikembangkan dalam sistem pembelajaran yang menggunakan e-learning:


a. Menyelenggarakan sistem pembelajaran jarak jauh/jarak dekat. 

Dengan adanya komunikasi terpadu melalui web e-learning, maka pendidik dan peserta didik dapat berkomunikasi dari mana saja. Proses komunikasi pembelajaran bisa dilakukan menjadi lebih fleksibel, selama pendidik dan peserta didik terkoneksi dengan internet maka proses pembelajaran bisa dilakukan.


b. Mengajar dengan konten digital yang memukau 

Anda pasti akan kesulitan untuk menyampaikan materi yang sifatnya gerakan dan suara apabila hanya menggunakan buku/diktat. Tapi dengan e-learning anda bisa menyajikan materi audio visual yang sangat menarik, bahkan sebuah teks pun bisa anda kreasikan menjadi tampilan yang memukau. Audio dan video yang anda jadikan pembelajaran juga bisa disajikan secara real time. Anda bisa melakukan siaran langsung, dan peserta didik anda akan berinteraksi dengan anda melalui web e-learning.


c. Membuat konten media yang lebih hidup (mendekati kenyataan) 

Kreatif mutlak diperlukan dalam pembelajaran berbasis e-learning. Jadi Anda harus jadi pendidik yang tidak pernah mati ide. Kembangkan berbagai konten materi pembelajaran Anda agar sesuai dengan harapan peserta didik. Mulai dari menyusun warna yang menarik, gambar yang hidup, serta berbagai inovasi Anda dalam menyajikan konten media yang akan membuat peserta didik anda betah dalam kelas anda.


d. Memusatkan materi pembelajaran 

Di dalam sekolah yang mempunyai rombongan belajar cukup banyak, pendidik dalam bidang studi yang sama bisa bersinergi membuat materi pembelajaran bersama. Nantinya setiap pendidik tinggal memanfaatkan media pembelajaran tersebut secara maksimal. Dalam kelas online ini pendidik bisa membuat kebebasan akses untuk semua user, artinya satu materi bisa diakses oleh banyak peserta didik /pendidik sekaligus dalam satu waktu yang sama.


e. Memanfaatkan hand phone/tablet/laptop dalam kelas partisipatif 

Buang jauh-jauh pemikiran Anda bahwa gadget dapat merusak peserta didik Anda. Saatnya anda berfikir ala era milenial. Dengan sistem pembelajaran online, Anda bisa melakukan proses komunikasi pembelajaran lewat hp murid Anda. Pastikan peserta didik sudah terintegrasi dalam sistem e-learning anda (didaftarkan menjadi user e-learning), kemudian ajaklah mereka belajar dengan cara yang sangat mengasyikkan, ajaklah mereka cerdas dalam dunia mereka, ajaklah murid-murid Anda menemukan hidupnya tanpa terasing dari kehidupannya.


f. Memberikan tugas dan menilai kemajuan peserta didik secara online 

Salah satu hal yang akan sangat membuat peserta didik anda selalu rindu dengan tugas anda adalah jika Anda bisa memberi tugas secara online. Ya seperti yang anda alami selama ini, ketika Anda memberikan tugas kepada peserta didik, maka kebanyakan peserta didik akan mengeluh karena merasa terbebani. Tapi tidak dengan penugasan online. Anda bisa membuat penugasan yang kreatif, buat seolah-olah peserta didik sedang main game atau aktivitas yang mereka sukai. 

Peserta didik bisa mengerjakan tugasnya dari hp/tablet, peserta didik bisa menjawab soal-soal anda, dan peserta didik bisa langsung menginputnya ke dalam sistem e-learning. Hebatnya lagi anda langsung bisa menilainya dan memberikan rapor atas kemajuan peserta didik anda. Dan itu bisa anda lakukan sembari ngopi di kafe, wisata bersama keluarga, shopping atau ketika anda bermain bersama anak-anak Anda. E-learning memberikan anda kebebasan dalam belajar mengajar.

(Sholeh Fasthea || CEO EduFast Edutainment)
Disarikan dari buku Inovasi Pembelajaran Milenial Berbasis ICT (Sholeh Fasthea, 2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang EduFast Edutainment

EduFast Edutainment adalah lembaga pelatihan, pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia yang berfokus pada bidang pendidikan.
EduFast Edutainment membuka peluang bagi seluruh instansi pendidikan dan umum untuk bersinergi dalam berbagai macam pelatihan dan workshop.

Informasi Training EduFast:

Hp/Wa: 081802669773

Email: sholehfasthea@gmail.com

Fb: EduFast Edutainment