Karma Pembelajaran, Benarkah?


Sebagai seorang pendidik yang sering membersamai pendidik dan calon pendidik, kerap kali saya mengatakan bahwa bisa saja kita itu akan terkena karma dari proses berpendidikan kita.

Kalau sekarang kita mempunyai murid yang bandel, jarang belajar, suka nyontek, berani melawan guru dan tidak patuh aturan, jangan buru-buru kita menyalahkannya. Ada baiknya kita flashback mengenang mantan, eh maksudnya mengingat proses sewaktu dulu belajar kita di sekolah.

Pernahkah kita bolos?

Pernahkah kita malas-malasan belajar?

Pernahkah kita tidak setuju dengan arahan guru?

Dan tentu saja pernahkah kita menyontek?

Jadi apa yang kita alami saat ini menghadapi berbagai macam karakter siswa itu bisa jadi adalah buah hasil perbuatan kita sendiri di masa lalu. 

Tuhan itu adil kan?

Nah jadi anggap saja itu sebagai cara Tuhan untuk mengasyikkan hidup kita. Agar kita tahu bagaimana dulu guru-guru kita menghadapi kita, agar kita tahu bagaimana para guru kita membuat kita menjadi lebih dewasa.

Oleh karena itu rasanya kurang layak saja kalau sedikit-sedikit guru ngeluh karena muridnya bandel, emosi meledak ketika muridnya nakal, bahkan ada guru yang sampai main fisik.

Menjadi pendidik itu memang bukan persoalan sederhana, selain dituntut mempunyai keterampilan mendidik siswa, kita juga dituntut untuk menjadi pribadi yang pandai mendidik diri sendiri. Ini yang terkadang susah.

Mungkin saja bila murid-murid kita semuanya berkarakter mulia dan kalau ujian nilainya 100 semua, belum tentu kita mampu menjadi pendidik hebat yang mampu menghebatkan mereka.

Kalau guru berfikir bahwa ia hanya akan mendidik anak yang pintar dan berkarakter mulia, lalu buat apa anak-anak itu datang ke sekolah untuk merubah hidupnya.

Jadi, santai saja menghadapi sekian karakter murid kita, bisa jadi hari ini kita sedang menjalani karma atas perbuatan masa lalu kita.

Tapi yakinlah bahwa itu adalah karma baik. Karena kehadiran siswa di tengah kita bukanlah untuk membuat hidup kita menderita, tetapi untuk membuat hidup kita bermartabat dan lebih bermakna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang EduFast Edutainment

EduFast Edutainment adalah lembaga pelatihan, pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia yang berfokus pada bidang pendidikan.
EduFast Edutainment membuka peluang bagi seluruh instansi pendidikan dan umum untuk bersinergi dalam berbagai macam pelatihan dan workshop.

Informasi Training EduFast:

Hp/Wa: 081802669773

Email: sholehfasthea@gmail.com

Fb: EduFast Edutainment