Google Classroom; Aplikasi Pembelajaran Online yang Menyenangkan

Training Komunitas Pendidik Milenial

Siapa yang tidak kenal google?

Raksasa teknologi ini sepertinya sudah seperti baju bagi kehidupan umat manusia di era milenial ini, sesuatu yang selalu melekat dalam diri setiap orang. Google terus saja berinovasi dengan berbagai produk terbarunya yang semakin memudahkan penggunanya dalam berbagai macam urusan pekerjaan, bisnis dan juga bagi dunia pendidikan.

Kabar baik bagi dunia pendidikan khususnya bagi pendidik yang siap go milenial, google juga mempunyai produk aplikasi sistem pembelajaran online yang diberi nama Google Classroom.
Anda sudah mendengarnya? Jika belum yuk simak ulasan saya berikut ini.

Google Classroom adalah platform Google Apps For Education yang cukup ciamik ketika digunakan dalam pembelajaran. Aplikasi ini mendukung berbagai macam metode pembelajaran, utamanya dalam proses interaksi antara pendidik dan peserta didik. Google Classroom dirancang untuk membantu guru atau dosen dalam membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas. Dengan Google Classroom pengajar dan peserta ajar bisa menghemat waktu dan biaya dalam pengumpulan tugas.

Google Classroom terintegrasi dengan layanan google lainnya seperti Gmail dan Drive. Artinya setiap pengguna akun google maka dapat menggunakan Google Classroom. Apalagi kini sudah tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, google classroom semakin menarik untuk digunakan.

Selain untuk mengumpulkan tugas, Google Classroom memberi kesempatan kepada pengajar untuk berdiskusi dengan peserta didiknya, berinteraksi dengan menggunakan aplikasi yang ada di dalam tangan. Guru juga bisa menyelenggarkaan ujian atau ulangan online. Sungguh Google Classroom ini dapat menciptakan metode pembelajaran yang mengasyikkan bagi anak didik di era milenial.

Siswa dapat diundang ke dalam kelas online ini menggunakan berbagai macam cara, seperti menggunakan data base siswa di sekolah, menggunakan email dan menggunakan kode kelas yang bisa diakses siswa. Siswa yang diundang akan mendapatkan pemberitahuan lewat email google, kemudian siswa tersebut tinggal klik link yang diterima untuk melakukan konfirmasi masuk ke dalam kelas.

Google Classroom sangat tepat digunakan oleh pendidik yang siap go milenial, menggunakan dan memanfaatkan kecanggihan ICT dalam pembelajaran. Tentu kita masih harus maklum, pemanfaatan ICT dalam pembelajaran di Indonesia ini masih terbilang minim. Padahal sudah bertebaran berbagai macam aplikasi atau software yang powerfull untuk  digunakan dalam pembelajaran di era milenial ini.

Inovasi metodologi pembelajaran memang harus terus dipacu seiring perkembangan ICT. Terlebih jika melihat animo peserta didik yang sangat senang terhadap teknologi utamanya produk gadjet, maka menjadi keniscayaan bagi seorang pendidik untuk bisa menguasai ICT dalam pembelajaran. Dengan menggunakan ICT dalam pembelajaran, seorang pendidik akan bisa menciptakan kelas pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan ketertarikan siswa di era milenial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang EduFast Edutainment

EduFast Edutainment adalah lembaga pelatihan, pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia yang berfokus pada bidang pendidikan.
EduFast Edutainment membuka peluang bagi seluruh instansi pendidikan dan umum untuk bersinergi dalam berbagai macam pelatihan dan workshop.

Informasi Training EduFast:

Hp/Wa: 081802669773

Email: sholehfasthea@gmail.com

Fb: EduFast Edutainment