Workshop Authoring Tools Lectora Inspire


Pada prinsipnya seorang pendidik dalam proses pembelajaran adalah komunikator (yang mengkomunikasikan) antara sumber belajar dengan pembelajar, oleh karena itu ia harus memiliki gagasan yang ditunjukan dalam desain pembelajaran sebagai titik awal dalam melaksanakan komunikasi dengan pembelajar. Pendidik perlu mempunyai pemahaman tentang unsur-unsur yang dapat menunjang proses komunikasi serta tujuan dari komunikasi. 

Agar proses komunikasi pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien, guru perlu menggunakan media untuk merangsang siswa dalam belajar. Media pembelajaran yang baik harus mempunyai konsep dan manfaat untuk menunjang proses pembelajaran secara keseluruhan, membuat penyajian menjadi lebih konkrit (visual), menjadikan proses komunikasi lebih interaktif, pembuktian yang bisa dipertanggungjawabkan, hasil pembelajaran mudah tersimpan dan bisa diakses sewaktu-waktu, serta meningkatkan keaktifan siswa dalam menemukan konsep.

Lectora Inspire dapat digunakan untuk membuat konten website atau kursus pelatihan online, konten e-learning, game edukatif dan presentasi interaktif. Selain itu juga memungkinkan untuk mengkonversi presentasi Microsoft PowerPoint ke konten e-learning. Konten yang dikembangkan dengan software Lectora dapat dipublikasikan ke berbagai output seperti HTML, single file executable, CD-ROM, maupun standar e-learning seperti SCORM dan AICC. Lectora juga kompatibel dengan berbagai sistem manajemen pembelajaran atau learning management system (LMS) yang beredar.

Sebagai program Authoring Tool, Lectora Inspire mempunyai beberapa kelebihan dibanding software sejenis, diantaranya adalah:
  • Lectora Inspire mudah digunakan oleh user termasuk pengguna komputer pemula karena utility system yang dirancang disajikan secara displai menu yang mudah untuk dipilih dan diedit sesuai kebutuhan.
  • Telah dilengkapi dengan berbagai contoh model desain (wizard/template) dengan tampilan grafik yang memukau sehingga user tinggal memilih contoh model sesuai keinginan.
  • Fitur animasi serta editing animasi yang mudah untuk diterapkan dan diaplikasikan baik pada teks maupun objek lainnya.
  • Fitur editing audio (musik) serta editing video yang simple untuk digunakan sehingga memudahkan dalam mengembangkan ide-ide kreatif user untuk menciptakan multimedia pembelajaran yang inovatif.
  • Fitur tombol navigasi yang disediakan dengan berbagai tipe baik standar button ataupun menu mempunyai kemudahan untuk diatur dan menciptakan sebuah tampilan multimedia pembelajaran yang interaktif dan komunikatif.
  • Fitur soal-soal evaluasi yang terdiri dari berbagi model seperti true or false, multiple choice, essay, short answer, fill in the blank, matching, drag and drop, dan hot spot yang dengan mudah untuk dibuat tanpa harus melakukan pengaturan yang rumit.
  • Fitur Assessment Result atau hasil evaluasi yang merupakan fasilitas untuk membuat penilaian terhadap evaluasi siswa, sangat mudah diatur sehingga siswa yang melakukan evaluasi langsung bisa mengetahui berapa nilainya serta lulus tidaknya.
  • Fitur publikasi dengan berbagai macam tipe baik untuk kebutuhan online maupun offline, sehingga desain yang dihasilkan dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam sistem dan metode pembelajaran hanya dengan sekali langkah.
  • Fitur tambahan berupa Camtasia Studio, Snagit dan Flypaper yang telah built in di dalam Lectora Inspire, memudahkan pengguna untuk dapat menuangkan ide-ide briliannya dalam membuat konten pembelajaran berupa gambar, audio, video dan animasi yang unik, kreatif dan inovatif.
Kelebihan-kelebihan diatas menjadikan Lectora Inspire mempunyai kemudahan signifikan untuk dipelajari dan dikembangkan bagi pendidik pada semua bidang studi untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu pelatihan penggunaan software tersebut merupakan solusi bagi para pendidik yang berkeinginan untuk senantiasa mengembangkan kompetensinya menuju pendidik profesional masa depan yang cakap dan tangguh menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran.

Ribuan guru sudah mempelajari Lectora Inspire, kapan Anda akan mempelajarinya?

Segera hubungi kami di kontak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang EduFast Edutainment

EduFast Edutainment adalah lembaga pelatihan, pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia yang berfokus pada bidang pendidikan.
EduFast Edutainment membuka peluang bagi seluruh instansi pendidikan dan umum untuk bersinergi dalam berbagai macam pelatihan dan workshop.

Informasi Training EduFast:

Hp/Wa: 081802669773

Email: sholehfasthea@gmail.com

Fb: EduFast Edutainment