Pentingnya Melatih Ketajaman Otak dengan Belajar


Belajar adalah aktifitas yang harus dilakukan setiap hari. Dengan belajar kita akan lebih mudah memahami sesuatu di sekitar kita.

Hakikat belajar adalah sebuah upaya untuk memahami sesuatu yang ingin kita pahami, baik arti, makna, maksud, tujuan, manfaat dan lain-lainnya. Oleh karena itu belajar harus diterapkan setiap hari, karena belajar akan membuat kita semakin cerdas dan berwawasan.

Dengan rajin belajar otak kita juga akan terus dinamis bekerja memamahi sesuatu. Dengan belajar artinya kita menjaga kesehatan otak kita agar terus berfungsi sebagaimana seharusnya.

Otak tanpa belajar ibarat mesin yang tak pernah digunakan, mesin tersebut akan mudah aus dan mati. Dengan terus belajar dan mendayagunakan otak, maka kita akan senantiasa menumbuhkan kemampuan dan fungsi otak secara simultan.

Artinya semakin banyak otak dipakai untuk belajar justru akan semakin bagus, karena otak menjalankan fungsinya. Namun jika otak justru tidak dipakai untuk belajar, ia cenderung akan tumpul dan mengalami gejala yang disebut kemandegan.

Semakin kita rajin belajar, maka fungsi otak akan semakin optimal, semakin kita rajin belajar maka fungsi otak akan semakin meningkat.

Inilah salah satu kehebatan otak. Kalau mesin semakin lama dipakai ia akan semakin rusak, namun tidak demikian dengan otak. Otak justru akan semakin bagus dan meningkat fungsinya jika sering dipakai dan sering digunakan untuk berfikir.

Otak yang terbiasa dipakai untuk berfikir keras, ia akan terbiasa menerima respon yang keras. Maka ia akan terbiasa dalam menyelesaikan permasalashan yang keras sekalipun. Berbeda dengan otak yang hanya digunakan untuk merespon kegiatan atau pemikiran biasa, maka otak juga akan terbiasa dengan pikiran yang biasa pula.

Melatih ketajaman otak perlu dilakukan setiap hari. Mulai dari berfikir sesuatu yang di luar kewajaran, berfikir sesuatu yang lain dari biasanya akan menjadikan otak mempunyai banyak pengalaman dan pembiasaan yang baik bagi perkembangan otak tersebut.

Oleh karena itu kebiasaan untuk melatih otak menjadi hal yang baik dan perlu dipertimbangkan bagi setiap orang. Jika kita ingin lebih cerdas serta mempunyai otak yang berfungsi maksimal maka setiap hari otak kanan dan otak kiri kita harus berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan demikian otak kita akan menjadi semakin tajam dan semakin cerdas dalam menerima berbagai respon yang kita terima.

Sudah tidak lagi menjadi rahasia bahwa di kanan-kiri kita terdapat berbagai macam karakter orang dikarenakan faktor otaknya tersebut.

oleh karena itu melatih otak menjadi keharusan bagi seseorang yang ingin memiliki kecemerlangan dalam berfikir dan bertindak. Bagaimanapun kita tahu bahwa tindakan seseorang akan sangat bergantung dari cara ia berfikir. Artinya semakin banyak berfikir semakin banyak membawa manfaat bagi tumbuh dan kembanganya otak setiap pribadi masing-masing.

Kecenderungan orang untuk mengabaikan melatih otak akan berakibat pada tumpulnya otak ketika menghadapi masalah yang lebih besar dari yang bisa ia hadapi. Hal ini akan berakibat buruk bagi perkembangan ia sebagai pribadi maupun sebagai makhluk sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang EduFast Edutainment

EduFast Edutainment adalah lembaga pelatihan, pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia yang berfokus pada bidang pendidikan.
EduFast Edutainment membuka peluang bagi seluruh instansi pendidikan dan umum untuk bersinergi dalam berbagai macam pelatihan dan workshop.

Informasi Training EduFast:

Hp/Wa: 081802669773

Email: sholehfasthea@gmail.com

Fb: EduFast Edutainment