Kekuatan Pengetahuan Imajiner

Pendidikan

Manusia tidak dapat didefinisikan secara sederhana seperti dalam ilmu IPA, bahwa manusia adalah makhluk hidup yang mempunyai bergerak; tumbuh; bernafas dan sebaginya. Lebih dari itu semua manusia mempunyai kelebihan lain dibanding dengan makluk hidup lainnya, karena manusia mempunyai substansi jasmani dan rohani.

Potensi jasmani dan rohani manusia mempunyai fungsi dan peranan masing-masing dalam kehidupannya. Jasmani adalah bentuk kasat mata makhluk manusia, dan rohani adalah wujud keeksistensian diri dalam kontek pengetahuan. Manusia adalah makhluk yang berpengetahuan yang dicirikan dengan potensi otak dan fikiran serta hati nurani. Adanya potensi rohani ini menyebabkan manusia menjadi makhluk yang paling mulia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Manusia mampu memiliki pengetahuan yang mutakhir yang dapat mencirikan dirinya dalam kehidupan suatu masyarakat.

Pengetahuan ini sangat bervariasi, dari pengetahuan yang sifatnya umum maupun pengetahuan yang sangat unik. Maka lahirlah sebuah konsep pengetahuan imajiner, yaitu yang mendefinisikan pengetahuan yang sifatnya sangat pribadi. Pengetahuan imajiner lahir dari imajinasi manusia terhadap hakikat sesuatu yang kemudian lahirlah pengetahuan yang diperoleh dari proses observasi maupun peenelitiannnya. Kekuatan pengetahuan imajiner ini mampu menjadikan manusia mempunyai kelebihan yang unik dibanding manusia lainnya. Karena dia mampu mendefinisikan sesuatu lebih dari pengertian kebanyakan orang. Sehingga seringkali kita jumpai kelahiran sebuah konsep pengetahuan dari pikirian-pikiran cerdas manusia.

Pengetahuan imajiner menyentuh sesuatu yang abstrak dan sesuatu yang masih dalam bayangan pemikirnya. Pengetahuan imajiner menembus dimensi ruang dan waktu, karena kebebasan pengetahuan ini lebih memilih pada keluasan berfifkir. Ia tidak terikat kontrak pada suatu hukum, tetapi ia justru ingin melampaui hukum yang pernah ada. Pengetahuan imajiner ingin memecahkan kebuntuan dari doktrinasi yang terkadang eksklusif. Masalah yang ingin dipecahkan adalah menjawab bagaimana sebuah teori atau hukum belum mampu menjawab problematika tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang EduFast Edutainment

EduFast Edutainment adalah lembaga pelatihan, pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia yang berfokus pada bidang pendidikan.
EduFast Edutainment membuka peluang bagi seluruh instansi pendidikan dan umum untuk bersinergi dalam berbagai macam pelatihan dan workshop.

Informasi Training EduFast:

Hp/Wa: 081802669773

Email: sholehfasthea@gmail.com

Fb: EduFast Edutainment